Tak Boleh Kenakan Jilbab, Qatar WO dari Asian Games

INCEON – Tim basket putri Qatar memilih mundur dan dinyatakan kalah saat akan menghadapi Mongolia dalam pertandingan kualifikasi grup cabang bola basket Asian Games 2014 di Hwaseong Sports Complex, Rabu (24/9/2014).
 
Keputusan berani yang diambil para pemain Qatar, merupakan sikap penolakan terhadap perintah melepaskan jilbab dari ofisial pertadingan. Alhasil setelah diberikan waktu sepuluh menit, tim basket Qatar akhirnya dinyatakan kalah WO (Walk Out).
 
”Pemain (basket putri) Qatar menolak untuk melepaskan hijab dan mereka memilih mudur,” kata juru bicara Incheon Asian Games Organizing Committee (IAGOC), Anna Jihyun You kepada AP, Kamis (25/9/2014).
 
Menyikapi hal tersebut, kubu tim asal Timur Tengah itu mengaku terkejut dengan keputusan ini. Chief de Mission kontingen Qatar, Khalil al-Jabir mengatakan timnya tidak akan bermain basket pada Asian Games 2018 jika pemainnya tidak diizinkan mengenakan jilbab.
 
”Kami mengharapkan para pemain kami tampil dengan hijab. Itu sebabnya kami di sini. Tidak ada seorang pun yang menyatakan hijab tidak diperbolehkan dan kami masih menanti klarifikasi mereka,” ujar Al-Jabir.
 
Lebih lanjut, tim Qatar juga tak terlalu memikirkan apakah akan bertanding di laga selanjutnya atau tidak. Mengingat mereka telah dijadwalkan melawan Nepal, Kazakhstan dan Hong Kong.
 
Al-Jabir pun menambahkan, keputusan mundur itu menjadi pesan bagi FIBA (Federasi Bola Basket Internasional) agar mengikuti federasi olahraga lainnya yang terkesan santai. Bahkan ia mengatakan FIBA belum siap dibandingkan dengan federasi olahraga internasional lainnya, yang memperbolehkan para atlet mengenakan hijab.
 
”Kami harus mengambil langkah ini. Biarkan asosiasi internasional (FIBA) menerima kami. Kami di sini (Asian Games 2014) untuk mendesak asosiasi internasional, bahwa tim muslim siap bersaing di semua kompetisi. Kami tahu mengenai larangan hijab, tapi kami harus berada di sini,” sambung Al-Jabir.
(fmh)



Leave a Comment

RPJMD RPJMN

Polling

Statistik Website