Malaysia Gunakan Doping, Indonesia Raih Empat Emas

INCHEON - Atlet Wushu asal Malaysia, Tai Cheau Xuen harus rela medali emas yang dia raih ditarik kembali oleh panitia Asian Games XVII, Korea Selatan. Pasalnya Xuen positif menggunakan doping.

Xuen meraih medali emas usai dirinya mendapat nilai tertinggi di nomor Nanquan dan Nando Putri pada pertandingan Wushu 20 September 2014 lalu. Usai dinobatkan sebagai pemenang, atlet berusia 24 tahun itu langsung menjalani tes.

Mengutip dari Reuters, Selasa (30/9/2014), Dewan Olimpiade Asia (OCA) dalam keterangannya menjelaskan jika urin Xuen mengandung Sibutramine. Pengumuman ini sempat tertunda lantaran Komite Olimpiade Malaysia melakukan pemeriksaan sendiri dengan meminta sample B dan hasilnya tetap positif.

"Atlet yang bersangkutan sudah didiskualifikasi dari Asian Games dan medali emas dibatalkan," kata OCA.

Dengan hasil tersebut, maka atlet wushu Indonesia yang sebelumnya meraih perak, Juwita Niza Wasni sukses menyabet medali emas. Sedangkan atlet wushu Indonesia lainnya Ivana Ardelia Irmanto yang sebelumnya mendapat perunggu sukses mendapat perak.

Sedangkan dari nomor Nandao atlet Hongkong Ka Ying Yuen berhasil mendapat perunggu menggantikan posisi Xuen di peringkat tiga.

Indonesia pun mendapat keuntungan besar dengan mengumpulkan empat emas, empat perak, dan sembilan perunggu. Tim Merah putih naik ke urutan 14 klasemen sementara. Sedangkan bagi Malaysia mereka merosot ke posisi 16 klasemen sementara.

Kasus Xuen menjadi yang ketiga di Asian Games XVII ini sebelumnya dari cabang sepakbola, pemain dari Tajikistan Khurshed Beknazarov dan atlet soft tenis asal Kamboja Yi Sophani juga positif menggunakan Sibutramine. (fmh)



Leave a Comment

RPJMD RPJMN

Polling

Statistik Website