Bimbingan Teknis Perencanaan e-Planning dan e-Budgeting

Mamuju (19/02/2018), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) Perencanaan e-planning dan e-budgeting di d’Maleo Hotel & Convention.

Bimtek dibuka oleh Sekretaris Provinsi Sulawesi Barat Ismail Zainuddin, didampingi Kepala Bappeda Sulawesi Barat Dr. Junda Maulana.

Peserta Bimtek merupakan bagian perencanaan dan program setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

Diwawancarai seusai pembukaan Bimtek yang dilaksanakan Bappeda tersebut, Junda Maulana mengatakan Bimtek ini merupakan harapan pemerintah pusat dan BPK RI, di mana sistim perencanaan dan progran itu harus sinkron dengan semua yang sudah direncanakan di dalam RPJMD atau RPJMN.

“Dengan Bimtek ini diharapkan semua program perencanaan harus sinkron dengan produk-produk hukum lainnya, seperti RPJMD dan RPJM,” kata Junda Maulana.

Junda menambahkan, jika sistem perencanaan betuk-betul sudah sesuai dengan mekanisme yang ada, maka mudah mengontrol sistim perencanaan di lingkup Pemerintah Sulawesi Barat.

“Kita inginkan sistem perencanaan sesuai mekanisme yang ada, dan tentunya juga adanya perpaduan antara eplanning dan ebudgeting,” kata mantan Penjabat Bupati Mamuju Tengah ini.

Dengan demikian, kata Junda, semua program-program yang melalui perencanaan yang baik dapat terkawal dengan baik pula hingga penyusunan APBD berikutnya.

Di ujung penjelasannya, Doktor Junda tekankan: “Kami berharap semua program bisa melalui proses perencanaan yang benar agar proses pembahasan APBD berikutnya dapat berjalan dengan lancar.”

Leave a Reply